Loading

Sabtu, 09 Juni 2012

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
  •  Kedalaman Muatan Kurikulum pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam KOMPETENSI yang terdiri atas Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada setiap Tingkat dan / atau Semester.
  •  Untuk SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK disajikan pada Lampiran 3 Permendiknas no. 22 Tahun 2006.

KURIKULUM SMK / MAK
  •  Kurikulum SMK/MAK berisi  : mata pelajaran wajib, mata pelajaran kejuruan, Muatan Lokal  dan Pengembangan Diri.
  • Mata Pel.Wajib : Pend. Agama, Pend. Kewr., Bahasa, Mat., IPA, IPS, S Bud., Pend.Jasm.,dan Kejuruan.
  • Pelajaran Kejuruan,terdiri atas beberapa mata pelajaran yang bertujuan untuk menunjang pembentukan kompetensi kejuruan dan pengembangan kemampuan menyesuaikan diri dlm bidang keahliannnya.

MUATAN LOKAL
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuluer (mata pelajaran), untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas, potensi daerah, dan prosfek pengembangan daerah termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokan kedalam mata pelajaran yang ada.
Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan sesuai dengan program keahlian yang diselenggarakan.

PENGEMBANGAN DIRI
  • Pengembangan Diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru.
  • Kegiatan Pengembangan Diri difasilitasi atau dibimbing oleh guru yang dapat dilakukan dalam kegiatan Ekstrakurikuler.
  • Pengembangan Diri untuk peserta didik SMK/MAK terutama ditujukan untuk pengembangan kreativitas dan bimbingan karier.

PENYUSUNAN KURIKULUM SMK
  • Mata Pelajaran dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu : Normatif, Adaptif dan Produktif.
  • Kel. Normatif ; Pend.Ag.,Pend.Kewr., Bah.Ind., Penjas & Kes., dan Sen. Budaya.
  •  Kel. Adaptif ; Bah.Ingr., Mat., IPA, IPS, KKPI dan Kewirausahaan.
  •  Kel. Produktif ; mata Pelajaran Das.Komp.Kejr. Dan Kompt. Kejuruan.

MATERI DASAR DAN KOMPETENSI KEJURUAN
 Materi Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan dan Kompetensi Kejuruan disesuaikan dengan kebutuhan Program Keahlian untuk memenuhi Standar Kompetensi Kerja di Dunia Kerja

PEND. SMK, EVALUASI DAN ALOKASI WAKTU
  • Pendidikan SMK/MAK diselenggarakan dalam bentuk Pendidikan Sistem Ganda,
  • Evaluasi Pembelajaran dilakukan setiap akhir penyelesaian satu standar kompetensi atau beberapa penyelesaian kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran.
  • Alokasi waktu Satu Jam Pembelajaran adalah 45 menit.
LAMA PENYELENGGARAAN MINGGU EFEKTIF DAN BEBAN BELAJAR
  • Lama Penyelenggaraan Pendidikan SMK/MAK tiga tahun, maksimum empat tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian.
  • Minggu Efektif penyelenggaraan Pendidikan SMK/MAK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran.
  •  Beban Belajar SMK/MAK meliputi kegiatan pembelajaran Tatap Muka, Praktik di Sekolah, dan Kegiatan Praktik di Dunia Usaha/Industri ekuivalen dengan 36 Jam Pelajaran per mingggu.

PENUGASAN TERSTRUKTUR
  • Penugasan Terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik, yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi, dengan waktu penyelesaian ditentukan oleh pendidik.

KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
  • Adalah Kegiatan Pembelajaran yang berupa Pendalaman Materi Pembelajaran oleh Peserta Didik untuk mencapai Standar Kompetensi, dengan Waktu Penyelesaian diatur sendiri oleh Peserta Didik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan Anda tinggalkan komentar anda disini. Sangat disarankan komentar yang membangun untuk blog ini.

Terima Kasih;
Muhammad Ifwandi, S.Pd

Ikuti Blog Ini